Agar komputer dapat
melakukan tindakan tertentu, maka komputer harus diberikan sebuah instruksi
yang berbentuk kumpulan perintah-perintah dasar. Program komputer adalah
sekumpulan instruksi yang dikenal oleh komputer yang disusun secara urut dengan
logis untuk dapat menyelesaikan suatu masalah.
Pemrograman dan Bahasa Pemrograman
Pemrograman adalah
proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
dengan menggunakan bahasa pemrograman. Yang dimaksud dengan bahasa pemrograman
adalah bahasa yang dapat digunakan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar
mengenai penulisan program. Bahasa pemrograman memiliki beberapa tingkatan,
diantaranya
- Bahasa pemrograman tingkat dasar, seperti Bahasa Mesin, Bahasa
Assembly
- Bahasa pemrograman tingkat tengah, seperti Bahasa C, Bahasa FORTH
- dan Bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti Bahasa PASCAL, FORTRAN,
COBOL.
Bahasa pemrograman
tingkat dasar umumnya sulit untuk dipelajari, karena sifatnya yang sangat
tergantung pada mesinnya itu (machine dependent). Untuk menguasai bahasa
ini, harus dipelajari dan dikuasai teknologi dan arsitektur komputer,
matematika diskrit, elektronika, dan lain-lain. Bahasa ini masih menggunakan
simbol-simbol yang bersifat mnemonic (simbol yang mudah untuk diingat).
Bahasa pemrograman
tingkat tengah, sifatnya sudah lebih mudah daripada bahasa pemrograman tingkat
dasar, perintah-perintahnya sudah lebih mudah dibaca sebab sudah menggunakan
huruf-huruf.
Bahasa pemrograman
tingkat tinggi adalah bahasa komputer yang sudah mirip dengan bahasa manusia.
Perintah-perintahnya sudah dibuat dalam bahasa yang mudah dimengerti manusia,
seperti PRINT, WRITE, IF, THEN, ELSE, dan lain-lain.
Tahapan dalam Pemrograman
Langkah-langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan
masalah dalam pemrograman dengan komputer adalah
- Definisikan masalah
a. Tentukan apa yang menjadi masalah
b. Tentukan data input yang diperlukan
c. Tentukan output apa yang diinginkan
2. Buat bagan dan struktur cara
penyelesaian
a. Bagan secara global
b. Deskripsikan tugas masing-masing subprogram
3. Pilih Metode Penyelesaian
a. Pilih struktur data dan Algoritma terbaik
4. Pengkodean
a. Pilih bahasa pemrograman yang sesuai
b. Menterjemahkan algoritma ke bahasa pemrograman
5. Mencari Kesalahan
a. Kesalahan sintaks (penulisan program)
b. Kesalahan Pelaksanaan: Semantik, Logika, dan
ketelitian
6. Uji dan Verifikasi Program
7. Dokumentasi Program
8. Pemiliharaan Program
a. Memperbaiki kekurangan yang ditemukan kemudian
b. Memodifikasi, karena perubahan spesifikasi.
Data
Data adalah sekumpulan bahan mentah yang kemudian diolah untuk menjadi sebuah
informasi yang berguna bagi yang membutuhkan informasi tersebut.
Model Komputasi
Ada tiga model dasar komputasional, yaitu fungsional, logika, dan
imperatif. Masing-masing model komputasional mempunyai satu set operasi yang
digunakan untuk menggambarkan komputasi.
a. Model
Fungsional : terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi-fungsi dan
operasi aplikasi fungsi dan komposisi fungsi. Fungsi dapat mengambil fungsi
lain sebagai argumentasi dan mengembalikan fungsi sebagai hasil. Suatu program
adalah koleksi definisi fungsi-fungsi dan suatu komputasi adalah aplikasi
fungsi.
b. Model
Logika : terdiri dari satu set nilai-nilai, definisi hubungan dan
kesimpulan logis. Program terdiri dari definisi hubungan dan suatu komputasi
adalah suatu bukti(suatu urutan kesimpulan).
c. Model
Imperatif : terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu
keadaan dan operasi tugas untuk memodifikasi pernyataan. Pernyataan adalah set
pasangan nilai-nama dari konstanta dan variabel. Program terdiri dari urutan
tugas dan suatu komputasi terdiri dari urutan pernyataan.
Prinsip Bahasa Pemrograman
- Prinsip Kelengkapan
Komputasional
Model komputasional untuk
tujuan umum suatu bahasa pemrograman harus universal.
- Prinsip Implementasi
Implementasi harus
efisien dalam penggunaan waktu dan ruangnya. Prinsip memrogram harus ditulis
dalam suatu bahasa yang mencerminkan daerah masalah.
Sintaks, Semantik dan Pragmatik
Bahasa pemrograman memiliki 3 konsep penting, yakni sintaks, semantik dan
pragmatik.
- Sintaks adalah aturan gramatikal atau komposisi
suatu program yang mengatur tata cara penulisan huruf, angka dan karakter
lainnya. Sintaks ini berhubungan dengan struktur bahasa.
- Semantik adalah sebuah bahasa yang menggambarkan
hubungan antara sintaks dan model komputasi. Singkat kata, semantik ini
menjelaskan arti dari program.
- Pragmatik berhubungan kemudahan implementasi dan
efisiensi. Ini berhubungan dengan peng-kodingan dalam suatu bahasa
pemrograman.
0 comments:
Post a Comment